Efek Negatif Nonton Film Horor

Hasil gambar untuk anime startled gif
Film horor tidak hanya membuat Anda tegang saat menontonnya. Efek akibat  ketegangan pun dapat muncul ketika Anda telah selesai menyaksikannya. Meski tidak selalu buruk, film horor juga dapat mempengaruhi sisi psikologis orang dewasa. Ketika Anda menonton film horor, denyut jantung akan berpacu dengan cepat, tekanan darah naik, dan produksi adrenalin meningkat. Setelah ketegangan selesai, Anda akan merasakan kegembiraan.

Situasi menegangkan dan penuh kecemasan yang Anda rasakan ketika menonton film horor dapat memicu kepuasan dan bahkan gairah seksual. Tetapi ada efek negatif tertentu yang disebabkan oleh terlalu sering nonton film horor, seperti dilansir EmpowHer:

1. Kesulitan tidur
Film horor bukan hanya dapat menyebabkan masalah tidur pada anak-anak saja, tetapi juga dapat mengganggu tidur orang dewasa juga. Insomnia dan mimpi buruk merupakan masalah yang dapat dialami oleh orang dewasa yang gemar menonton film horor.

Insomnia di malam hari mungkin tidak berbahaya jika hanya sesekali, tetapi mimpi buruk kerap sekali terjadi berulang-ulang dan menyebabkan kesulitan tidur yang kronis. Hal ini dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental.

2. Memicu ketakuan yang berlebihan
Orang yang pernah mangalami trauma terhadap suatu hal akan lebih stres jika menonton film horor. Film horor dapat memicu serangan panik dan mengingatkan kembali dengan insiden yang menyebabkan trauma. Suasana yang dibangun film horor juga dapat mempengaruhi suasana hati dan kesejahteraan psikologis seseorang. Jika Anda mudah sekali merasa cemas ketika menonton film bergenre horor, hindari menontonnya dan pilih film lain agar tidak memicu ketakutan yang berlebihan.

3. Mudah terkejut
Orang yang gemar menonton film horor yang melibatkan adegan berlumuran darah, akan membuatnya terpengaruh dengan kekerasan dan secara teoritis film horor dapat mengubah perilaku seseorang. Orang-orang yang menonton film horor cenderung merasa bahwa kekerasan kadang-kadang dapat ditempuh untuk memecahkan konflik.

Hal ini juga dapat mempengaruhi perubahan refleks kejut seseorang. Sehingga seseorang akan mudah terkejut ketika dihadapkan pada situasi yang menegangkan karena telah terbiasa dengan situasi yang menimbulkan kecemasan tinggi.

credit: http://doktersehat.com/

8 komentar:

  1. wah.. kalau aku no. 1 kak -_- masih belum sembuh nih! Sekalian dong tipsnya juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tips mah aku nggak tahu... maaf ya
      dulu aku juga pernah kayak gitu, habis nonton annabelle, nggak bisa tidur sama kak Via sampe jam 2 malem. Mungkin tipsnya jangan pernah nonton film horor lagi, jangan diinget-inget lagi, atau mungkin nonton film komedi bisa ngehibur dan sedikit-sedikit hilang rasa takutnya (maaf kalau tips ini tidak masuk akal/tidak nyambung. sok tahu sich :P)

      Hapus
  2. Kalau soal insomnia sih gak pernah, malah karena tidur siang :v
    Mungkin aku no 2 dan 3 ya, abis kadang-kadang parno ke kamar mandi karena abis baca Urband Legend
    Pernah nonton film Munafik di laptop guru, dikagetin guru, kaget :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh..
      btw makasih udah berkunjung k sini ya, kak Salsabila..

      Hapus
  3. Nah ini nih bener banget. Dulu selesai nonton finders keepers, gak bisa tidur. Kebayang mulu. Mangkanya sekarang malas banget nonton film horor :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi... aku juga udah gak mau nonton horor lagi.. Seru nggak, nakut-nakutin iyah :P

      Hapus
  4. Kalo habis nonton horror usahakan nonton film yang berbau komedi gitu biar ga keinget :v

    BalasHapus